Minggu, 29 Oktober 2017

Perjalanan Labschool Angkatan 26 Ke TMII dan Puspitek

Perjalanan Ke TMII dan Puspitek
               Pada hari Kamis, 19 Oktober 2017, Seluruh murid kelas 7 angkatan 26 mengadakan wisata edukasi ke Puspitek, Serpong dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Sebelum berangkat, kami berkumpul untuk mendengarkan sambutan dan berdoa bersama sekitar jam 6.30. Kemudian jam 7.00 kami berjalan menuju bis yang ditentukan perkelas. 7A di bis 1, 7B di bis 2, 7C di bis 3, 7D di bis 4, 7E di bis 5, dan 7F di bis 6.
               Saat di bis, kami saling berbagi makanan ringan yang kami punya, mengobrol bersama dan bermain. Tetapi aku tidak membawa makanan ringan apapun jadi teman-teman menawarku atau aku meminta mereka. Aku sangat beruntung. Ada beberapa temanku yang merekam perjalanan kami dari awal sampai akhir. Karena kami dibagi kelompok untuk merekam perjalanan kami dan apa yang kami lakukan. Tetapi aku bertugas sebagai pengedit video tersebut. Kami juga diberi roti jadi bagi yang belum sarapan, dapat menikmati roti tersebut. Tapi aku tidak lapar, jadi aku memasukkan roti itu ke tas. Kamipun berangkat menuju Puspitek, Serpong dahulu selama 1 setengah  jam.
               Kami sampai di Puspitek jam 8.30. Saat sampai di Puspitek, kami diberikan lembar kerja soal (LKS) kemudian kami menuju Pusat Informasi. Disana kami semua mendengarkan sambutan, menonton video, dijelaskan beberapa hal mengenai Puspitek, dan diberi kesempatan bertanya untuk 3 orang. Kami juga dijelaskan untuk mengunjungi 1 lab yang sudah ditentukan. Kamipun menuju bus untuk berangkat ke lab itu sekitar 5 menit.
               Saat di bis, kami memakai jas lab. Sehingga saat turun, kami semua sudah rapi dengan jas lab. Kelas 7C mendapatkan lab BT2-TKE. Yaitu lab yang berisi tentang pengetesan cahaya lampu. Kami diajarkan banyak hal, seperti alat-alat yang digunakan dan cara kerjanya. Kami juga mengerjakan lembar kerja soal (LKS) yang diberikan sebelumnya. Kami mengerjakannya dengan cara mewawancari orang yang menjelaskan kami mengenai BT2-TKE.
               Setelah itu, kami foto kelas dengan masih mengenakan jas lab. Kemudian, kami masuk bis masing-masing untuk berangkat menuju Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan sholat dzuhur di sana. Kami juga diberikan makan siang berupa KFC beserta air putih. Akhirnya kita sampai di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sekitar jam 13.00, kami pun melaksanakan sholat dzuhur di masjid yang bernama Masjid Dipenogoro. Kemudian kami menaiki bis lagi untuk berangkat menuju Skyworld, yaitu tempat yang berisi pengetahuan mengenai luar angkasa.
               Saat di sana, Kami dikumpulkan di ruangan besar biasa, hanya ruangan besar kosong dan ramai karena dipenuhi anak-anak Labschool. Kami diberi video berisi luar angkasa. Videonya sangat menarik bagiku, namun beberapa anak mungkin merasa kalau video tersebut membosankan karena ada yang tertidur. Video itu menjelaskan ciri-ciri planet. Kemudian kami memasuki area Skyworld tersebut. Isinya sangat bagus dan menarik. Disana aku dan temanku mengerjakan lembar kerja soal (LKS) tersebut. Karena itu, perjalananku di dalam Skyworld tersebut terganggu. Aku jadi harus menulis, mencari sumber, mencatat, dan menghapus. Jadi aku meminta bantuan temanku. Aku merasa tidak  bebas.
               Akhirnya tugas lembar kerja soal (LKS) tersebut selesai. Aku terlalu bersemangat dan melihat-lihat. Banyak sekali informasi yang diberikan, seperti tokoh-tokoh Indonesia yang terlibat dalam penerbangan luar angkasa, roket-roket buatan Indonesia, informasi mengenai planet seperti  waktu rotasi dan revolusi, bentuk pengendali roket seperti tombol-tombol yang ada, sampai alien terdapat di sana. Hal yang paling hebat yang ada di sana adalah patung roket yang besar. Aku sangat berharap berfoto bersama temanku disana. Tetapi aku tidak membawa kamera atau handphone. Seandainya aku menggunakan kamera temanku, baterai kameranya habis.
               Tetapi aku lama-lama bosan karena sudah menjelajah semua yang ada. Akhirnya kami semua berkumpul dan mengantri untuk menyaksikan video 5D. Aku sangat ingin tau bagaimana rasanya 5D. Kalau 2D seperti menonton biasa, 3D memakai kacamata dan layar menjadi tampak nyata, dan 4D seperti 3D, memakai kacamata dan layar tampak nyata tetapi kursinya bergoyang. Maka aku ingin tau bagaimana 5D. Akhirnya giliranku untuk dan beberapa temanku yang lain untuk menyaksikan 5D. Jadi kami diberi 1 kacamata, duduk dikursi, kemudian menyaksikan layarnya yang berupa roller coaster dan biasa aja. Aku berpikir dua kali kalau ini namanya 5D. Aku ngerasa seperti 4D. Awalnya aku berpikir 5D menggunakan virtual reality, pasti keren.
               Akhirnya aku sudah selesai dan makan ring. Yaitu sejenis makanan ringan. Kemudian kami memasuki ruangan dengan banyak kursi dan layar besar di atas. Mirip bioskop tapi layarnya di atas. Akhirnya aku duduk di depan karena kursi lain hampir semua sudah diduduki, akhirnya beberapa menit kemudian, layar tersebut menampilkan sesuatu yang menurutku paling keren di Skyworld. Layar itu lumayan tampak nyata dan lebih keren dari pada 5D. Tentu video itu berisi tayangan luar angkasa. Saat video tersebut sudah selesai, kamipun berjalan keluar ruangan dan menuju bis masing-masing. Beberapa anak ada yang terlambat naik bis mereka jadi mereka harus ikut bis lain.
               Kami akhirnya menuju Masjid Dipenogoro untuk sholat ashar dan maghrib. Kemudian, kami pulang menuju Labschool. Seharusnya kami menuju ke Dunia Air Tawar, tapi karena terlalu malam jadinya kami langsung pulang. Selama perjalanan terjadi hujan, jadi terasa lebih dingin dan aku akhirnya memakai jaket. Selama perjalanan pulang sangat seru. Kami mengobrol, mendengarkan lagu, dan tertawa bersama. Menurutku perjalanan menuju Labschool adalah hal paling seru. Tidak terasa kita sampai. Akhirnya kamipun pulang menuju rumah masing-masing. Aku harap perjalanan kami lebih seru dan menyenangkan.