Selasa, 04 September 2018


Ekskul Pramuka dan KIR
Di Sekolah Labschool Rawamangun, ada banyak ekskul di sana. Saat kelas 7, ketika MPLS, kita akan diperkenalkan ekskul-ekskul yang menarik dan keren. Siswa Labschool diwajibkan ikut ekskul wajib, yaitu pramuka, dan ekskul pilihan. Minimal 1 ekskul. Ekskul yang saya ikuti adalah pramuka sebagai ekskul wajib dan KIR sebagai ekskul pilihan.
Pramuka adalah ekskul yang biasanya menjadi kewajiban di banyak sekolah. Di Labschool, pramuka dilaksanakan pada Hari Rabu. Jadi pada hari tersebut seluruh siswa menggunakan seragam pramuka. Pada saat pramuka, kami akan membuat regu yang berisi sekitar 8 atau 9 orang. Kemudian, kami akan bekerja sama bersama regu yang telah dibuat untuk mengerjakan tugas selama 1 tahun. Pramuka juga merupakan salah satu nilai yang dirapotkan.
Pada saat kelas 7, saya berada di dalam Regu Mawar, tetapi saat kelas 8, saya berada di Regu Sedap Malam. Saat saya masih berada di Regu Mawar, saya merupakan Ketua Regu. Saya bertugas untuk memimpin anggota saya, mengajari mereka sesuatu, dan tugas sebagai ketua yang lain. Sebagai Ketua Regu, saya harus disiplin, tanggung jawab, tegas, dan berani. Tugas sebagai Ketua Regu sangatlah berat. Kita harus lebih bisa melakukan kegiatan pramuka dari yang lain agar dapat mengajari mereka dan membuat mereka bisa. Tugas tersebut akan lebih berat lagi jika anggota hanya mengobrol, bermain-main, dan tidak disiplin. Akhirnya pada kelas 8, saya tidak lagi mejadi ketua karena menyadari tugasmya sangat berat. Sehingga temanku yang menjadi ketua. Kami pun masih melakukan kegiatan sebaik-baiknya dan sebisa kami.
Untuk ekskul pilihan, saya memilih KIR atau Karya Ilmiah Remaja. Ekskul tersebut adalah ekskul yang berisi percobaan eksperimen. Saya memilih KIR karena KIR sangat seru. Kami akan membuat eksperimen yang beragam. Ada yang berbahaya, ada juga yang tidak. Ekskul KIR diadakan hari Jumat. Sejak kelas 7, saya sudah mengikuti KIR dan pada kelas 8, saya melanjutkan ekskul saya. Setelah melakukan percobaan, kami akan membuat laporan hasil dari eksperimen tersebut. Contoh eksperimen yang kami buat adalah membakar tangan, membuat gunung volcano, membuat yoghurt, membuat sabun, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cita-Cita Anak Labschool                 Sebentar lagi, kami akan lulus sekolah dari jenjang SMP menuju SMA. Dari SMP Labcshool Jakarta ...